Pendidikan Madrasah



PENDIDIKAN MADRASAH
Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru, instruktur atau pembelajar dengan tujuan untuk membantu siswa (Setyosari; 2003: 6). Senada dengan hal itu juga diungkapkan oleh Degeng (1998), bahwa pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa, secara khusus pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan oleh guru, instruktur, pembelajar dengan tujuan untuk membantu siswa atau peserta didik.
Menurut Muhaimin (1996: 99), pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa/peserta didik untuk belajar. Kegiatan ini akan mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.
Pendidikan di Madrasah adalah proses pembelajaran siswa dan siswi yang dilakukan oleh guru, instruktur pembelajran yang berada dibawah naungan kementrian Agama Republik Indonesia. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pendidikan setingkat dengan Sekolah Dasar yang diasuh oleh kementrian agama, pada pendidikan Madrasah selain mengajarkan pendidikan umum juga ditambah dengan berbagai macam ilmu pendidikan Agama seperti Alqur'an hadist, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Aqidah Akhlak dan pelajaran khusus tahfidz.
Tugas Madrasah adalah sebagai penyambung tangan pondok pesantren atau lembaga pendidikan Islam Menurut An-Nahlawi  tugas lembaga madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam adalah sebagai berikut : 
1.      Merealisasikan pendidikan Islam yang didasarkan pada prinsip pikir, aqidah dan Tasyri’ yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan bentuk dan realisasi itu ialah agar peserta didik beribadah, mentauhidkan Allah Swt, tunduk dan patuh atas perintahnya, serta syariatnya.
2.      Memelihara fitrah peserta didik sebagai insan yang mulia agar ia tidak menyimpang dari tujuan Allah yang telah menciptakan. Oleh karena itu, dasar operasionalisasi pendidikan harus dijiwai oleh fitrah manusiawi, sehingga menghindari adanya penyimpangan.
  1. Memberikan kepada peserta didik dengan seperangkat peradaban dan kebudayaan Islam, dengan cara mengintegrasikan antara ilmu alam, ilmu sosial, ilmu eksak dengan lancasan ilmu agama sehingga peserta didik mampu melibatkan dirinya pada perkembangan IPTEK.
4.      Membersihkan pikiran dan jiwa dari pengaruh emosi karena pengaruh globalisasi, madrasah berperan sebagai benteng yang menjaga kebersihan dan keselamatan fitrah manusia.

5.      Memberikan wawasan nilai dan moral, serta peradaban manusia yang membawa hasanah perkembangan berfikir peserta didik. 

6.      Menciptakan suasana kesatuan dan kesamaan antar peserta didik.

7.      Tugas mengkordinasi dan membenahi kegiatan pendidikan.

8.      Menyempurnakan tugas-tugas lembaga pendidikan keluarga, masjid dan pesantren.
Madrasah Ibtidaiyah adalah Lembaga Pendidikan Dasar Islam yang lebih modern, dengan cara memadukan antara pendidikan pesantren dan sekolah, materinya menggabungkan antara kurikulum agama dan pengetahuan umum. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam berfungsi menghubungkan sistem lama dan sistem baru dengan jalan mempertahankan nilai-nilai lama yang masih baik dan dapat dipertahankan dan mengambil sesuatu yang baru dalam ilmu, teknologi, dan ekonomi yang bermanfaat bagi kehidupan umat islam, sedangkan isi kurikulum madrasah pada umumnya sama dengan pendidikan di pesantren ditambah dengan ilmu-ilmu umum.
Pendidikan  Madrasah mempunyai nilai lebih karena mempunyai tugas memperbaiki tatanan pendidikan mulai dari tatanan pengenalan siswa terhadap Tuhan, hingga kepada tatanan ibadah yang benar, akhlak yang mulia. Madrasah menjaga setiap jiwa anak bangsa agar tidak menyimpang dari tuntunan agama Islam juga ditambah dengan penguasaan iptek dan mengikuti kemajuan dunia pendidikan juga direalisasikan dalam proses pendidikan, dalam dunia pendidikan madrasah persatuan dan kesatuan bangsa sangat diutamakan serta yang paling penting salah satu tujuan pendidikan madrsah adalah menjadikan lulusan pendidikan madrasah menjadi pendidik dalam keluarga, mesjid, dan pesantren.

Madrasah hebat madrasah berkualitas, dalam kemajuan 10 tahun ini dimana mana sudah terlihat geligat kemajuan yang siknifikan terhadap pendidikan Madrasah dengan bukti setiap penerimaan siswa baru selalu melebihi kouta untuk peminat yang mau memasukkan anaknya ke Madrasah. Ini menjadikan bukti bahwa pendidikan Madrasah sudah mulai bersaing dan maju dalam menghadapi berbagai kemajuan zaman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurus Menulis Buku Ajar yang Efektif dan Relevan

Materi menulis buku ajar disampaikan oleh seorang  yang sudah terbukti kualitasnya didunia penulisan yaitu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd, buk...