PENDIDIKAN MADRASAH
Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu upaya
yang dilakukan oleh guru, instruktur atau pembelajar dengan tujuan untuk
membantu siswa (Setyosari; 2003: 6). Senada dengan hal itu juga diungkapkan
oleh Degeng (1998), bahwa pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa,
secara khusus pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan oleh guru,
instruktur, pembelajar dengan tujuan untuk membantu siswa atau peserta didik.
Menurut Muhaimin (1996: 99), pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa/peserta didik untuk belajar. Kegiatan ini akan mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.
Menurut Muhaimin (1996: 99), pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa/peserta didik untuk belajar. Kegiatan ini akan mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.
Pendidikan di Madrasah adalah
proses pembelajaran siswa dan siswi yang dilakukan oleh guru, instruktur
pembelajran yang berada dibawah naungan kementrian Agama Republik Indonesia.
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pendidikan setingkat dengan Sekolah Dasar
yang diasuh oleh kementrian agama, pada pendidikan Madrasah selain mengajarkan
pendidikan umum juga ditambah dengan berbagai macam ilmu pendidikan Agama
seperti Alqur'an hadist, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Aqidah
Akhlak dan pelajaran khusus tahfidz.
Tugas Madrasah adalah sebagai
penyambung tangan pondok pesantren atau lembaga pendidikan Islam Menurut
An-Nahlawi tugas lembaga madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam adalah
sebagai berikut :
1.
Merealisasikan pendidikan Islam
yang didasarkan pada prinsip pikir, aqidah dan Tasyri’ yang diarahkan untuk
mencapai tujuan pendidikan bentuk dan realisasi itu ialah agar peserta didik
beribadah, mentauhidkan Allah Swt, tunduk dan patuh atas perintahnya, serta
syariatnya.
2.
Memelihara fitrah peserta didik
sebagai insan yang mulia agar ia tidak menyimpang dari tujuan Allah yang telah
menciptakan. Oleh karena itu, dasar operasionalisasi pendidikan harus dijiwai
oleh fitrah manusiawi, sehingga menghindari adanya penyimpangan.
- Memberikan kepada peserta didik dengan
seperangkat peradaban dan kebudayaan Islam, dengan cara mengintegrasikan
antara ilmu alam, ilmu sosial, ilmu eksak dengan lancasan ilmu agama
sehingga peserta didik mampu melibatkan dirinya pada perkembangan IPTEK.
4.
Membersihkan pikiran dan jiwa dari
pengaruh emosi karena pengaruh globalisasi, madrasah berperan sebagai benteng
yang menjaga kebersihan dan keselamatan fitrah manusia.
5.
Memberikan wawasan nilai dan moral,
serta peradaban manusia yang membawa hasanah perkembangan berfikir peserta
didik.
6.
Menciptakan suasana kesatuan dan
kesamaan antar peserta didik.
7.
Tugas mengkordinasi dan membenahi
kegiatan pendidikan.
8.
Menyempurnakan tugas-tugas lembaga
pendidikan keluarga, masjid dan pesantren.
Madrasah Ibtidaiyah adalah Lembaga Pendidikan Dasar Islam yang
lebih modern, dengan cara memadukan antara pendidikan pesantren dan sekolah,
materinya menggabungkan antara kurikulum agama dan pengetahuan umum. Madrasah
sebagai lembaga pendidikan Islam berfungsi menghubungkan sistem lama dan sistem
baru dengan jalan mempertahankan nilai-nilai lama yang masih baik dan dapat
dipertahankan dan mengambil sesuatu yang baru dalam ilmu, teknologi, dan
ekonomi yang bermanfaat bagi kehidupan umat islam, sedangkan isi kurikulum
madrasah pada umumnya sama dengan pendidikan di pesantren ditambah dengan
ilmu-ilmu umum.
Pendidikan Madrasah mempunyai nilai lebih karena
mempunyai tugas memperbaiki tatanan pendidikan mulai dari tatanan pengenalan
siswa terhadap Tuhan, hingga kepada tatanan ibadah yang benar, akhlak yang
mulia. Madrasah menjaga setiap jiwa anak bangsa agar tidak menyimpang dari
tuntunan agama Islam juga ditambah dengan penguasaan iptek dan mengikuti
kemajuan dunia pendidikan juga direalisasikan dalam proses pendidikan, dalam
dunia pendidikan madrasah persatuan dan kesatuan bangsa sangat diutamakan serta
yang paling penting salah satu tujuan pendidikan madrsah adalah menjadikan
lulusan pendidikan madrasah menjadi pendidik dalam keluarga, mesjid, dan
pesantren.
Madrasah hebat madrasah
berkualitas, dalam kemajuan 10 tahun ini dimana mana sudah terlihat geligat
kemajuan yang siknifikan terhadap pendidikan Madrasah dengan bukti setiap
penerimaan siswa baru selalu melebihi kouta untuk peminat yang mau memasukkan
anaknya ke Madrasah. Ini menjadikan bukti bahwa pendidikan Madrasah sudah mulai
bersaing dan maju dalam menghadapi berbagai kemajuan zaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar